Jenis Sarung Pelindung Mobil: Manfaat & Tips Cara Pasang

Sarung pelindung mobil mempunyai manfaat penting untuk melindungi mobil dari pengaruh cuaca dingin dan panas, debu dan kotoran. Selalu perhatikan cara memasang dan melepas car cover yang benar sehingga cat body mobil terlindungi sempurna.

Dalam artikel ini, anda akan mengenal apa itu sarung pelindung mobil, jenis-jenisnya, harga jual terbaru dan rekomendasi tempat membeli car cover yang berkualitas. Yuk, baca ulasan Dewi Nuryanti selengkapnya berikut ini.

Apa itu sarung pelindung mobil (car cover)?

Sarung pelindung mobil atau car cover adalah produk pelindung bodi mobil. Produk ini melindungi bodi mobil dari debu, kotoran, hujan dan cuaca ekstrim yang merusak cat terluar mobil. Ketika mobil anda tidak digunakan dan diparkir dalam waktu lama, sebaiknya lindungi dengan car cover. Dengan demikian, bodi mobil anda tidak berdebu.

Sarung Pelindung Mobil: Jenis Manfaat +Cara Menggunakan Car Cover

Manfaat sarung pelindung mobil

Dilansir dari laman pepboys.com, car cover atau sarung pelindung mobil punya beberapa manfaat untuk kendaraan anda. Diantaranya adalah:

Melindungi mobil dari cuaca (hujan, panas, angin)

Banyak kendaraan, khususnya mobil, yang sering diparkir di luar rumah. Baik karena tidak punya garasi ataupun alasan lainnya. Sebuah elemen khusus diperlukan agar mobil tetap terlindungi dari hujan, panas maupun angin. Apalagi daerah Indonesia yang memiliki iklim lembab serta bercurah hujan tinggi.

Hujan dan debu dapat merusak eksterior mobil terutama bagian cat terluarnya. Memperbaiki cat mobil akan menambah budget pengeluaran yang tidak sedikit. Anda dapat membeli pelindung mobil berupa sarung atau bahan anti air untuk mencegah kerusakan cat mobil yang secara umum disebabkan oleh air dan kelembaban udara.

Melindungi mobil dari sinar UV matahari

Sinar matahari memiliki dampak signifikan terhadap kualitas interior maupun eksterior mobil. Meski terdengar tidak mungkin,sinar matahari mampu menyebabkan kerusakan seperti pengelupasan cat, noda permanen pada kursi mobil hingga retakan dan pecahan pada badan mobil.

Menjaga debu dan kotoran tidak merusak eksterior mobil

Apakah mobil anda diparkir di bawah pohon? Jika iya, maka anda perlu berhati-hati. Selain debu, cat mobil anda dapat terkena kotoran burung, serangga atau getah pohon. Kotoran alami tersebut dapat merusak cat mobil anda karena kandungan kimiawinya. Oleh karena itu, gunakan sarung pelindung mobil supaya mobil anda terhindar dari kotoran serangga atau burung.

Membatasi kerusakan yang disebabkan oleh kecepatan angin

Nampaknya, angin bukanlah masalah buat mobil. Namun, faktanya lain. Sebuah tiupan kecil angin dapat menyebabkan ranting kering lepas atau debris (butiran tajam) batu terbawa menuju mobil anda. Angin besar seperti badai tornado dan puting beliung dapat menyebabkan dahan pohon patah, kabel listrik putus dan kerusakan lain yang bisa menyebabkan kerusakan bodi mobil anda.

Jenis sarung pelindung mobil

Dilansir dari laman meteoronbroadway.com, dikenal 3 jenis sarung pelindung mobil, yakni all weather, indoor dan outdoor. Berikut penjelasan ketiga jenis car cover tersebut.

All weather

Jenis pelindung mobil ini merupakan jenis yang terbaik karena mampu melindungi mobil dari pengaruh cuaca ekstrim. Car cover ini lebih tebal (denser) dibandingkan jenis lainnya. Apakah anda kuatir dengan angin kencang, suhu dingin dan panas? Tenang, all weather car cover dapat melindungi mobil dari pengaruh cuaca ekstrim tersebut.

Indoor car cover

Sesuai dengan namanya, pelindung mobil khusus untuk dalam ruangan (indoor) memiliki tekstur yang lebih halus. Indoor car cover didesain untuk melindungi body mobil ketika diparkir di dalam garasi tertutup atau basement. Pelindung mobil indoor terbuat dari kain katun atau material yang tidak kedap air (waterproof).

Outdoor car cover

Jenis material waterproof seperti nilon, polyester dan plastik merupakan bahan dasar pembuatan outdoor car cover. Berbeda dengan pelindung mobil indoor, jenis car cover yang satu ini didesain khusus untuk kedap air (waterproof).

Bagaimana cara menggunakan sarung pelindung mobil

Dikutip dari wikihow.com, ada 2 tahapan utama menggunakan sarung pelindung mobil, yakni memasang dan melepasnya. Berikut penjelasan bagaimana cara memasang dan melepas pelindung mobil yang baik dan benar.

Cara memasang sarung pelindung mobil

Berikut tahapannya:

  1. Rinci bagian luar dan dalam sarung pelindung mobil. Perhatikan label atau tag car cover untuk mengenali perbedaan sisi depan dan belakang.
Cara memasang sarung pelindung mobil yang baik dan benar
  1. Setelah teridentifikasi, mulailah memasang dari bagian ‘bumper’ depan kemudian tarik ke belakang menutupi bagian atas mobil. Bagian bumper belakang merupakan bagian terakhir yang ditutup cover
Sarung Pelindung Mobil: Jenis Manfaat +Cara Menggunakan Car Cover
  1. Jika sarung pelindung mobil dilengkapi dengan kantung spion, pastikan menutupkan cover ke bagian sisi spion terlebih dahulu sebelum menuju ke bagian akhir (bumper belakang)
  1. Jika antena mobil anda tidak dapat disembunyikan (keluar masuk) ke dalam bagian mobil, maka sebaiknya anda membeli car cover yang dilengkapi dengan bagian antena (antenna patch).
  1. Gunakan perekat sehingga antena tidak mengganggu pemasangan car cover. 
  1. Bila perlu, buatlah lubang di tengah patch antena sehingga antena tersebut dapat masuk ke dalamnya.

Cara melepas

  1. Lepaskan kedua ujung sarung pelindung mobil di bagian bawah bumper. 
  2. Lipat kedua sisi sarung pelindung mobil ke arah atas sehingga memanjang 2 kaki (60 cm).
  3. Dimulai dari bagian depan mobil kemudian lipat sekitar 3 kaki (satu meter) menuju ke bagian belakang mobil.
  4. Selesai

Tips menggunakan sarung pelindung mobil

Pastikan anda mengetahui bagian luar dan dalam dari pelindung mobil

Setiap pelindung mobil biasanya mencantumkan tag dari jahitan atau stempel di bagian depan pelindung mobil. Gunakan hal ini sebagai acuan untuk menentukan bagian luar dari car cover sebelum digunakan.

Mulai dari bagian bumper depan

Setelah menemukan bagian depan car cover, anda bisa menarik pelindung mobil secara bertahap dimulai dari bagian bumper depan kemudian menariknya hingga bagian paling atas dan diakhiri dengan bumper bawah bagian belakang.

Pastikan spion sebelum menutup bemper belakang

Jika pelindung mobil yang anda miliki memiliki ‘mirror pocket’ di sisi-sisinya, pastikan untuk memasangnya cover terlebih dahulu sebelum menempelkannya di bumper.

Antena ‘patch’ dan jenisnya

Mobil memiliki jenis antena yang berbeda-beda. Membeli pelindung mobil harus disesuaikan dengan jenis mobil yang anda miliki. Antena mobil yang tidak bisa dibongkar pasang memiliki jenis pelindung sendiri yang terpisah. 

Berapa harga sarung pelindung mobil

Harga di luar negeri

Dilansir dari autoquarterly.com untuk 10 pelindung mobil terbaik yang harganya bisa anda lihat langsung di amazon.com, pelindung mobil baik itu indoor maupun outdoor dijual dengan harga mulai dari Rp. 1.000.000 ke atas. 

Harga di Indonesia

Namun, untuk jenis pelindung mobil biasa yang dijual di pasaran indonesia bisa anda beli dengan hanya sekitar Rp. 239.000 ke atas. Berikut tabel daftar harga di marketplace seperti Tokopedia, Lazada dan Shopee.

Daftar Harga di Marketplace

MerekHargaToko Penjual
Krisbow Car Cover Sarung Mobil Prestige Size-C – PerakRp 1.325.000Tokopedia
Sarung Mobil All Avanza Waterproof / Body Cover Mobil All Avanza / penutup mobilRp 239.000Lazada Indonesia
KRISBOW CAR COVER SARUNG MOBIL SUV-CRp 1.499.000Shopee

Dimana saya bisa mendapatkan sarung pelindung mobil

Pelindung mobil telah menjadi salah satu kebutuhan terpenting untuk melindungi body mobil di iklim tropis Indonesia. Banyak sekali toko online yang menjual berbagai kebutuhan mobil termasuk car cover dengan harga yang juga beragam. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di berbagai marketplace online yang anda inginkan.

FAQs

Apa itu sarung pelindung mobil (car cover)

Sarung pelindung mobil atau car cover adalah produk pelindung bodi mobil. Produk ini melindungi bodi mobil dari debu, kotoran, hujan dan cuaca ekstrim yang merusak cat terluar mobil. Ketika mobil anda tidak digunakan dan diparkir dalam waktu lama, sebaiknya lindungi dengan car cover. Dengan demikian, bodi mobil anda tidak berdebu. Baca selengkapnya di https://www.dewinuryanti.com/sarung-pelindung-mobil/

Apa saja jenis sarung pelindung mobil?

Ada 3 jenis sarung pelindung mobil, yaitu all weather car cover, indoor car cover dan outdoor car cover.

Apa manfaat dan kegunaan sarung pelindung mobil?

Manfaat utama car cover adalah untuk melindungi mobil dari pengaruh luar yang dapat merusak fisik body mobil. Berikut beberapa kegunaan spesifiknya:
– Melindungi mobil dari cuaca (hujan, panas, angin)
– Melindungi mobil dari sinar UV matahari
– Menjaga debu dan kotoran tidak merusak eksterior mobil
– Membatasi kerusakan yang disebabkan oleh kecepatan angin

Berapa harga jual sarung pelindung mobil?

Beberapa jenis sarung pelindung mobil biasa di indonesia bisa anda beli dengan harga sekitar Rp. 239.000 ke atas. Anda bisa beli di marketplace seperti Tokopedia, Lazada dan Shopee. Cek harga selengkapnya di sini.

Tinggalkan komentar